Pendidikan

Kurikulum Pembelajaran di Sekolah – Sekolah Internasional

Kurikulum Pembelajaran di Sekolah – Sekolah Internasional – Kurikulum dalam Wikipedia dijelaskan slot online resmi sebagai perangkat mata pelajaran dan juga merupakan program pendidikan yang diterapkan pada lembaga penyelenggara pendidikan. Di dalamnya berisi rancangan pelajaran untuk para peserta didik di dalam satu periode jenjang pendidikan tertentu.  Kurikulum sangat penting terkait keberhasilan penyampaian sebuah materi pelajaran. Semakin baik kualitas kurikulumnya, semakin memperbesar keberhasilan pendidikan. Orang tua pasti ingin memberikan sekolah yang terbaik untuk anaknya. Selain pilihan sekolah negeri atau swasta, sekolah internasional juga bisa menjadi salah satu pilihan. Sesuai dengan namanya, sekolah ini memiliki kurikulum internasional yang tentu saja berbeda dengans sekolah negeri atau sekolah swasta pada umumnya. Sebelum mengetahui sekolah mana saja yang direkomendasikan banyak orang, ada baiknya tahu terlebih dahulu mengenai kurikulum internasional yang diajarkan di sekolah internasional di Indonesia.

International Primary Curriculum (IPC)

Ini merupakan kurikulum yang saat ini banyak digunakan di sekolah internasional di Indonesia. Salah satu keunggulannya adalah fokus pada pengembangan karakter dan kepribadian anak (student-centric). Tidak hanya mengajarkan pentingnya akademik, IPC juga membangun karakter dan kepribadian anak perhelatan di skala nasional dan global.

Singaporean Primary School Curriculum (SPC)

Seusia dengan namanya, kurikulum ini berasal dari Singapura dan berfokus pada fleksibilitas pembelajaran sesuai dengan potensi dan minat anak agar mereka memiliki daya saing internasional.

International Baccalaureate (IB)

Kurikulum sekolah internasional selanjutnya adalah International Baccalaureate atau IB. Kurikulum ini diadaptasi dari Jenewa, Swiss yang mengedepankan 4 tingkat pendidikan formal yaitu IB Primary Years Programme (PYP) untuk rentang 3 sampai 12 tahun, IB Middle Years Programme (MYP) untuk umur 11 sampai 14 tahun, IB Diploma Programme (DP) untuk 15 sampai 18 tahun dan IB Career-Related Programme (CP) yang diperuntukan bagi anak usia 15 sampai 18 tahun.

Keunggulan metode kurikulum IB adalah pada pengajaran dan pelatihan kecerdasan emosional serta berpikir kreatif sebagai bekal untuk meningkatkan intelektual dan kemampuan beradaptasi yang lebih baik. Pembelajaran ini diharap dapat mengembangkan rasa empati dan solidaritas dalam diri peserta didik.

Cambridge International

Kurikulum Cambridge adalah kurikulum dengan pengawasan slot bet 100 perak langsung dari Universitas Cambridge, Inggris. Cambridge menekankan pada pelatihan daya analitik dan kritikal anak-anak, juga kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking. Fokus utamanya adalah cara pandang internasional dan pembelajaran bahasa Inggris. Cambridge merupakan salah satu kurikulum tertua yang sudah di adopsi di banyak sekolah, termasuk di Indonesia. Tujuan metode pembelajaran ini sangat luas dan ditekankan pada perkembangan minat dan bakat peserta didik.

Keunggulan penerapan kurikulum Cambridge antara lain diharapkan mampu menjadi salah satu jalan agar anak-anak dapat berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik dan fasih. Selain itu, agar anak didik memiliki cara pandang internasional yang lebih komprehensif. Melalui sistem pendidikan yang modern, tidak terpaku pada teori dan lebih tepat sasaran, kesempatan para peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi terbaik di dunia menjadi lebih besar.

Montessori

Kurikulum Montessori merupakan kurikulum yang diadaptasi dari teori perkembangan anak Dr. Maria Montessori. Montessori adalah seorang pengajar Italia yang hidup di antara akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Metode tersebut diterapkan terutama di jenjang pendidikan pra-sekolah juga sekolah dasar. Namun bisa juga diaplikasikan untuk pendidikan tingkat menengah. Ciri kurikulum ini adalah penekanan pada aktivitas bimbingan personal para peserta didik. Salah satunya, melalui pengamatan klinis oleh para pendidik.

Keunggulan kurikulum sekolah internasional yang satu ini di antaranya adalah dalam metode Montessori, tinggi atau spaceman slot rendahnya nilai anak-anak atau peserta didik tidak menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Melainkan penekanan pada penyesuaian diri dan bagaimana perlakuan anak-anak terhadap lingkungan belajar mereka. Metode ini diharapkan mampu untuk memupuk pemikiran yang lebih kritis pada anak dan melatih kemampuan kerja sama tim. Montessori juga fokus kepada perkembangan sensitifitas anak-anak, termasuk tentang gerak tubuh, indera, dan pengembangan kemampuan kognitif dengan menerapkan sistem pembelajaran langsung. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan menjadi pengalaman nyata.